Rabu, 24 Agustus 2016

1000 JALUR PANJAT TEBING INDONESIA ( Part 1 CURUG CIMARINJUNG )




Curug Cimarinjung terletak di Desa Ciwaru Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi. Curug ini termasuk dalam kawasan Geopark Ciletuh, yang terkenal dengan hamparan bebatuan tua, dan adalah satu dari sekitar 9 curug yang ada di kawasan Geopark Ciletuh. Berjarak 2km dari Pantai Palangpang Ciletuh.


Pembuatan Jalur Panjat

Pemanjatan Tebing di Curug Cimarinjung perintisan jalurnya telah dimulai sejak tahun 2013 oleh Indonesia Climbing Expedition yang dibantu perizinan dan birokrasinya oleh  pemanjat-pemanjat senior dari Sukabumi dan teman-teman Discovery Jampang. Selanjutnya dalam rangkaian Gerakan Sejuta Jalur Panjat Tebing Indonesia, pada tahun 2015 tim Indonesia Climbing Expedition menyelesaikan jalur panjat tersebut. Dan jalur-jalur pemanjatan ini telah digunakan untuk latihan Pra Ekspedisi Carstenzs tim Indonesia Climbing Expedition bersama TransTv dan MetroTv , serta Sekolah Panjat Tebing Merah Putih angkatan 57 .







Peta Jalur Dan Tingkat Kesulitan

Di Curug Cimarinjung ini telah diselesaikan sebanyak 17 Jalur Pemanjatan dengan Tingkat kesulitan berbeda yaitu Grade 5,8 hingga 5,11. Cukup baik untuk pemanjatan perintis dan Top Roof serta memadai untuk pengenalan panjat tebing bagi pemula. Disini pun bisa dilakukan penyeberangan Tyroleans dan Suspension system. Untuk pemanjatan tingkat dasar atau pemula bisa digunakan jalur-jalur pada sisi timur , dimana tingkat kesulitannya sedang. Sementara untuk sisi barat bisa digunakan oleh pemanjat-pemanjat yang telah terlatih atau profesional. Disini juga kita bisa memanjat tebing basah, Bouldering di batu yang berada di tengah aliran air terjun, dalam istilah panjat tebing, jalur ini sering disebut “Deep water Bouldering”.

Debit air Curug Cimarinjung sangat besar saat musim hujan, sehingga pengunjung hanya bisa mencapai pintu masuk curug yang merupakan lorong sempit yang diapit oleh bebatuan besar. Sebaliknya debit air akan sangat berkurang pada musim kemarau. Maka saat-saat yang baik untuk melakukan pemanjatan di lokasi ini adalah berkisar pada bulan-bulan Mei hingga September.









Akses Menuju Lokasi dan Fasilitas

Untuk mencapai lokasi Curug Cimarinjung bisa ditempuh dengan melalui dua rute, yaitu :
1.      Rute Sukabumi – pelabuhan ratu via citarik – simpenan – Kiaradua – Jalan Pal tilu – desa Ciemas – desa Taman Jaya – desa Ciwaru – Pantai Palangpang – Cimarinjung. Jalur ini bisa ditempuh kendaraan roda empat ataupun roda dua, namun harus hati-hati karena ada beberapa bagian jalan yang masih rusak.
2.      Rute Sukabumi – Ujunggenteng via Jampang tengah – Lengkong – Waluran – Ciracap – Ciemas – Tamanjaya – Ciwaru – Pantai Palangpang – Cimarinjung

Karena belum adanya sarana dan prasarana yang memadai untuk wisata di Curug Cimarinjung, pengunjung atau para pemanjat bisa memarkir mobil atau motornya di jalan atau halaman rumah warga sekitar yang dijadikan lahan parkir, salahsatunya rumah Pak Hamdan, yang kebetulan menjadi Basecamp Indonesia Climbing Expedition atau Komunitas Panjat Tebing Merah Putih. Disini bisa mendirikan tenda atau menumpang bermalam di rumah Beliau. Untuk lokasi Curug Cimarinjung berjarak sekitar 200m dari Basecamp rumah Pak Hamdan atau sekitar 100m dari warung atau parkiran terakhir. Lahan  sekitar area curug yang konturnya merupakan lereng-lereng dan bebatuan tidak bisa digunakan untuk berkemah.






Tertarik untuk mencoba salah satu dari jalur pemanjatan disini?  Silahkan menghubungi :
Discover Jampang dengan Contact Person : Igoy 085723270302
Markas ICE dengan Contact Person : Deden 085320465208

Selamat Memanjat....



Tidak ada komentar: