Senin, 23 Januari 2017

SEMESTA PESONA CURUG KACA JAMPANG KULON









Yakin belum mau singgah di tempat ini? Curug Kaca yang terletak di Kampung Cisuru Desa Mekar Jaya Kecamatan Jampang Kulon ini semakin berbenah diri dan layak disebut Desa Wisata. Semesta pesona yang menyelimutinya menjadi daya tarik untuk dikunjungi . Bukan hanya sekedar wisata ke curug yang mempunyai pemandangan luar biasa indah, tetapi pengunjung akan menjumpai banyak hal menarik lainnya. Keramahtamahan masyarakat Kampung Cisuru, suasana perkampungan yang masih terasa alami, serta suguhan makanan khas setempat yang luar biasa nikmat.

Meskipun nama yang dikenal adalah Curug Kaca, disini terdapat 7 buah Curug yang memiliki keindahan dan keunikannya sendiri. Ke 7 Curug tersebut yaitu :
-          Curug Kaca
-          Curug Cikahuripan
-          Curug Anggrek
-          Curug Halang
-          Curug Nutug
-          Curug Leuwi Buleud
-          Curug Batu Kembar
Semua Curug tersebut berada di lokasi yang berdekatan, dengan aliran air yang jernih dan menyegarkan, yang mengundang untuk berendam di kesejukannya. Suasana alami dan keindahan alam disekitarnya pun membuat betah berlama-lama disini.










Memasuki kampung Cisuru , suasana alami sudah sangat terasa dengan rumah-rumah penduduk yang hampir semuanya terbuat dari kayu. Sapa ramah akan menyambut kehadiran kita di sana. Mayoritas penduduk kampung Cisuru adalah bertani dan berkebun, mereka adalah pekerja keras dan memiliki semangat gotong royong yang tinggi. Ini terbukti dengan kerja sama dalam membenahi fasilitas agar Curug Kaca layak untuk didatangi. Tanpa menunggu pemerintah turun tangan, mereka membenahi sendiri jalan setapak menuju ke lokasi. Jadi jangan khawatir, jalan menuju ke Curug sudah sangat jelas dan tertata meski dengan sederhana.







Akses menuju Curug Kaca dari Jakarta adalah menuju ke Sukabumi, kemudian dari Cibadak mengambil Jalur ke arah Palabuan Ratu. Selanjutnya mengikuti arah jalan ke Surade, jalan masuk ke Desa Mekar Jaya Kecamatan jampang Kulon berada sekitar satu Km dari pertigaan jalan menuju Geopark Ciletuh. Tidak ada angkutan umum yang menuju ke lokasi. Untuk mencapai lokasi sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi baik motor ataupun mobil. Jangan khawatir jika harus bermalam, karena di Kampung Cisuru terdapat Homestay yang disewakan bagi para pengunjung dan juga dapat bermalam di rumah penduduk.

Selain tersedia Homestay untuk bermalam, pengunjung juga bisa memesan makanan kepada ibu-ibu di Kampung Cisuru. Makanan yang disuguhkan adalah makanan khas setempat yang berasal dari hasil pertanian dan perkebunan mereka. Berbagai penganan dari singkong ataupun beras ketan, terasa sangat pas dan nikmat dengan suasana alami pedesaan. Begitu juga dengan santapan rumahan berupa nasi beras merah, ikan asin, lalap dan sambal honje yang merupakan makanan tradisional.










Masyarakat Desa Mekar Jaya terutama penduduk Kampung Cisuru sangat ramah dan terbuka terhadap kehadiran pengunjung di tempat mereka. Maka jika berkunjung kemari sebaiknya kita pun menghargai tatanan hidup yang ada disini sebagaimana mestinya dimanapun tempat wisata yang kita kunjungi. Jadilah pengunjung wisata yang cerdas dengan bertindak cerdas pula, menghargai adab sopan santun, tidak membuat keributan dan jangan pernah membuang sampah sembarangan terutama di lokasi wisata Curug kaca. Jika tidak ada tersedia tempat sampah, maka kantongilah sampah dari bekal yang kita bawa, untuk kemudian dibuang pada tempat yang telah disediakan. Sehingga suatu hari kembali ke tempat ini, semua masih alami dan indah. Dan dengan sedikit tindakan nyata itu, kita telah turut menjaga lingkungan.

Satu pesona lagi yang sayang untuk dilewatkan di Desa Mekar jaya adalah kesenian khas atau budaya setempat yaitu Kuda Lumping dan Pencak silat. Kesenian Tradisional ini masih tetap terjaga hingga saat ini, dimana anak-anak sebagai generasi penerus masih mempelajari dan melakoninya. Dengan segala pesona tersebut maka Desa Mekar Jaya khususnya Kampung Cisuru layaklah sekiranya menjadi Desa Wisata dan sangat pantas untuk dikunjungi.




Tidak ada komentar: