Kamis, 24 Agustus 2017

JAMUR SI CANTIK YANG MENAWAN DI TENGAH BELANTARA









Entah sejak kapan, tapi rasanya sudah lama sekali sejak mulai memiliki hobi memotret ( aku menyebutnya Photo suka-suka, karena aku bukanlah seorang Photographer ), setiap kali masuk hutan belantara, yang menjadi objek adalah Jamur.  Sebagian besar orang luput memperhatikannya, yang terkadang ada di batang kayu yang tergeletak di tanah, atau di pohon-pohon besar yang terselip dirimbunnya hutan lebat. Dan entah sudah berapa banyak macam Jamur yang dikumpulkan dalam koleksi Photo suka-suka itu. Terkadang terselip rasa penasaran tentang nama-nama dan jenisnya, namun hingga saat ini belum menjumpai orang yang benar-benar ahli dibidangnya untuk sekedar berdiskusi dan mengenali setiap rupa dan bentuk Jamur tersebut. Hanya beberapa yang sempat diketahui dari teman-teman yang sering keluar masuk hutan yang mengenalinya, dan sebagiannya adalah Jamur yang bisa dimakan.

Jamur atau nama latinnya adalah Fungi merupakan salah satu tumbuhan yang tidak memiliki Klorofil atau zat hijau daun, karena itu Jamur tidak mampu melakukan proses fotosintesis untuk membuat makanannya sendiri. Kebanyakan Jamur hidup sebagai parasit dan sebagian lainnya melakukan hubungan Simbiosis Mutualisme dengan tumbuhan lain. Tubuh jamur terdiri dari benang-benang halus yang disebut Hifa. Jamur (fungi) ini bereproduksi dengan secara aseksual yang menghasilkan spora, kuncup, dan fragmentasi. Sedangkan dengan secara seksual dengan zigospora, askospora, dan basidiospora. Jamur ini hidupnya ditempat-tempat yang berlembap, air laut, air tawar, ditempat yang asam dan bersimbosis dengan ganggang yang membentuk lumut (lichenes).







Dari beberapa sumber , diketahui Klasifikasi Jamur adalah sebagai berikut :

1.      Zygomycota
beberapa cirinya adalah :
Jenis jamur ini hidup sebagai saprofit
Tubuhnya yang bersel banyak, hifa nya membentuk anyaman (miselium) yang tidak bersekat.
Reproduksi aseksual nya dengan membentuk spora, sedangkan pada reproduksi seksual nya dengan konjungsi antara dua hifa yang menghasilkan zigospora.
Hampir semua anggotanya hidup nya didarat.

Contoh spesies Zygomycota
-          Rhizopus Stoniferus yaitu jenis jamur yang digunakan untuk membuat tempe
-          Rhizopus Nigricans yaitu jamur yang ditemukan di roti sebagai penghasil asam Fumarat

2.      Ascomycota
Memiliki beberapa ciri yaitu :
Memiliki struktur yang disebut askus (kantong)
Tubuhnya ada yang uniselular dan ada yang multiselular
Hifanya bersekat dan berinti banyak
Kehidupannya ada yang parasit, saprofit dan ada juga yang bersimbiosa dengan ganggang yang membentuk Lichenes (Lumut kerak)
Bereproduksi secara vegetatif dengan membentuk tunas-tunas dan secara generatif dengan membentuk askus yang akan menghasilkan askospora.

Beberapa contoh Jamur Ascomycota :
-          Sacharomyces cerevisae (ragi) jenis jamur ini biasa untuk membuat bir, roti ataupun alkohol.
-          Penicillium notatumndan
-          Penicellium chrysogenum, jenis jamur yang satu ini yang menghasilkan antibiotik penisilin.
-          Aspergillus wentii ini untuk membuat kecap

3.      Basidiomycota
Basidiomycota memiliki ciri-ciri :
Jenis jamur ini mempunyai miselium yang bersekat-sekat, dari miselium ini tumbuh tubuh buah (basidokrap) yang beraneka ragam bentuknya.
Dalam basidiokarp ini terdapat jalinan-jalinan benang hifa. Jika pada benang hifa yang bermuatan positif akan bertemu dengan basidium yang bermuatan negatif, maka akan terjadi plasmogami dan akan membentuk miselium dikariotik.
Ujung miselium ini menggelembung dan akan membentuk basidium untuk memproduksi empat spora bertangkai.
Jenis ini berkembang biak dengan secara seksual dengan basidiospora dan aseksual dengan konidispora.
Jenis jamur ini kebanyakan berukuran makroskopis, hidup sebagai parasit dan saprofit

Contoh Spesies Basidiomycota :
-          Volvariela volvacae (Jamur merang), jenis jamur yang satu ini bisa dimakan dan sudah dibudidayakan, menjadi mata pencarian.
-          Auricularia polytricha (jamur kuping) dapat dikonsumsi dan bisa dibudidayakan.
-          Amanita phalloides dan Amanita muscaria (jamur beracun), jenis jamur ini mempunyai racun, habitatnya didaerah subtropis.
-          Ustilago maydis (jamur api), jenis yang banyak terdapat di batang kayu


4.      Deuteromycota
Jamur Deuteromycota memiliki ciri-ciri :
Jenis Jamur yang tak sempurna fungi (imferfecti), karena belum bisa diketahui cara reproduksi generatifnya. Pada perkembangbiakan aseksual nya dengan konidia.
Hifanya yang bersekat
Hidupnya sebagai saprofit dan parasit
Tubuhnya yang berukuran mikroskopis

Contoh Spesies Deuteromycota
-          Monillia sitophila (jamu oncom), jenis jamur ini yang biasa membuat oncom
-          Ephidermophyton floocosum, jenis jamur ini yang menyebabkan penyakit pada kaki atlet.
-          Curvularia sp, jenis jamur ini hidup parasit pada tumbuhan
-          Microsporum sp, dan
-          Trighophyton sp, yang menyebabkan penyakit kurap.


Karena Jamur yang ditemukan adalah Jamur yang terdapat di Hutan, pada Batang-batang kayu dan lantai hutan maka semua itu adalah termasuk Basidiomycota, dan sebagian Ascomycota berupa Lichenes (Lumu Kerak). Lumut Kerak adalah merupakan simbiosis antara Jamur dan ganggang. Jamur yang bersimbiosa biasanya dari Ascomycota disebut Mikobion sedangkan ganggangnya disebut Fikobion biasanya dari Cyanobacteria dan Chlorophyta. Ada sekitar 18.000 jenis Lumut Kerak yang tersebar di dalam hutan pada habitat seperti kayu yang membusuk, kulit kayu, bebatuan dan di atas tanah yang memiliki daya tahan terhadap panas, dingin dan kekeringan. Lumut Kerak ini dari bentuknya bisa dibagi menjadi tiga kelompok yaitu : Krustos (bentuknya seperti kerak), Folios (bentuknya seperi daun) dan Fruktikos (yang menyerupai semak). Ukurannya sendiri bervariasi dari yang kecil sekali hingga ukuran besar dengan panjang beberapa meter. Lumut Kerak di dalam ekosisem berperan penting dalam suksesi karena mampu tumbuh ditempat dimana tumbuhan lain tak bisa hidup.

Berbagai Jamur dari Jenis Basidiomycata adalah jamur yang dapat dimakan dan dibudidayakan. Beberapa di antaranya adalah Jamur Kuping dan Jamur Tiram.  Mengenali Jamur yang bisa dikonsumsi sangat diperlukan bagi yang sering keluar masuk hutan. Jamur yang bisa dimakan biasanya tumbuh pada batang-batang pohon baik yang masih tegak berdiri maupun sudah tumbang di tanah. Jamur tiram Pleurotus secara alami ditemukan di hutan dibawah pohon berdaun lebar atau di bawah tanaman berkayu.  Jamur tiram tidak memerlukan cahaya matahari yang banyak, di tempat terlindung miselium jamur akan tumbuh lebih cepat daripada di tempat yang terang dengan cahaya matahari berlimpah.  Dan banyak spesies jamur lainnya yang mempunyai ciri hampir sama dengan jamur Tiram juga dapat dikonsumsi dengan aman.







Beberapa Jenis Jamur yang dapat dimakan :
1.      Jamur Tiram (Pleurotus ostreatus)
Memiliki ciri bentuk tangkai tudung menyerupai cangkang kerang dengan bagian tengah cekung dan berwarna putih sampai krim. Jamur ini bermanfaat sekali untuk kesehatan melawan kolesterol jahat, mencegah anemia, mencegah tumor dan sebagainya.



2.      Jamur Kancing (Agaricus bisporus)
Bentuknya seperti kancing, bulat berwarna putih bersih, krim dan coklat.  Jamur ini bermanfaat terutama setiap jamur kancing yang segar mengandung bebas lemak, sodium dan kaya akan vitamin (seperti vitamin B dan potassium) dan mineral serta juga rendah kalori dan rasa yang manis.


3.      Jamur Merang (Volvoriella volvaceae)
Beberapa manfaat dari mengkonsumsi Jamur Merang yaitu memperkuat tulang, mencegah anemia dan darah rendah, rendah kolesterol baik untuk penderita diabetes, mencegah sel kanker dan meningkatkan daya imun. Jamur Merang


4.      Jamur Shiitake/Payung
Bentuknya seperti tudung-tudung payung berwarna putih coklat. Jamur ini terkenal dalam pengobatan dari Tiongkok, biasa disebut Chinese Black Mushroom.



5.      Jamur Kuping
Terdiri dari tiga jenis yaitu jamur kuping putih (Tremella fuciformis), jamur kuping hitam (Auricularia polytricha) dan jamur kuping merah (Auricularia auricula-judae). Dari ketiga jenis itu orang Indonesia biasanya mengkonsumsi jamur kuping hitam. Jamur ini berguna untuk mengatasi hypertensi, anemia dan luka bakar.


6.      Jamur Enokitake (Flammulina velutipes)
Jamur yang tumbuh di alam bebas ini memiliki dua jenis warna. Yaitu berwarna cokelat sampai warna merah jambu. Sedangkan jamur enokitake yang berwarna putih  itu disebabkan karena pembudidayaannya terlindungi dari sinar matahari. biasanya banyak tersebar luas di dunia yang beriklim salju. Dan hanya tumbuh di permukaan batang pohon celtis sinensis.

7.      Jamur Ling Zhii (Ganoderma lucidum)
Jamur ini banyak ditemukan di batang-batang kayu lapuk. Banyak sekali manfaat dari jamur ini diantaranya sebagai analgesic, anti-HIV, perlindungan bagi liver, ginjal, hemaroid, anti diabetes, sebagai imun dan anti alergi.




8.      Jamur Bulan
Jamur ini disebut jamur bulan disebabkan warna putih yang seperti bulan. Jamur ini umumnya bagi masyarakat Indonesia menyebutnya Suung Bulan. Secara fisis jamur ini sedikit lengket, ukuran 5-10 cm, bagian bawah bertekstur lunak dan bagian luar (konveksnya) beralur tepi. jamur ini dapat diperoleh di kebun atau pinggiran rumah yang memiliki kandungan organik tanah yang sangat baik. Dan tidaklah sulit untuk menemukannya karena jamur bulan berkembang biak secara berkelompok.






Beberapa ciri-ciri Jamur yang tidak boleh dimakan/ dikonsumsi ( beracun)
1.      Berwarna mencolok seperti merah terang, biru, ungu dan sebagainya
2.      Memiliki cincin pada pangkal batangnya
3.      Ketika dioleskan ke kulit menimbulkan gatal
4.      Terlihat tidak ada hewan atau serangga yang mendekatinya
5.      Berbau menyengat atau busuk
6.      Menghasilkan noda pada saat dipotong
7.      Terjadi perubahan warna ketika dimasak



Banyak yang harus dipelajari dan dikenali dari jenis-jenis jamur , yang terlihat tidak penting dan sering terabaikan, padahal merupakan sumber makanan yang banyak terdapat di hutan terutama di saat survival. Namun diluar semua itu Jamur adalah sesuatu yang terlihat cantik menawan di antara rerimbunan hijau pepohonan. Dan akan selalu menjadi objek menarik bagi penggemar Photography, karena bentuknya yang unik dan cantik.






Tidak ada komentar: