Rabu, 08 Agustus 2018

CURUG CIHANGASA SALAH SATU WISATA PETUALANGAN DI TAMAN NASIONAL UJUNG KULON








Taman Nasional Ujung Kulon terus meningkatkan kesadaran pariwisata di masyarakat lokal dan memanfaatkan potensi yang ada di kawasannya sehingga membuat masyarakat terbantu dengan pariwisata tersebut.  Tentunya dengan tetap mendampingi dan mengarahkan masyarakat untuk pemanfaatan potensi yang ada dikawasan tersebut. Adalah Pokdarwis Sumur yang menjadi salah satu binaan Taman Nasional Ujung Kulon dalam pelaksanaan dan pengelolaan potensi tersebut. Bekerja sama dengan masyarakat sekitar, Kelompok Sadar Wisata ini mulai membenahi salah satu destinasi wisata yang ada di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon, yang berada di zona pemanfaatan dibawah pengawasan Resort Ketapang.

Curug Cihangasa berada di kampung Cihangasa desa Kertamukti Kecamatan Sumur. Untuk mencapai lokasi ini dengan kendaraan pribadi tidak begitu sulit, melalui rute Cibaliung atau rute cemara. Dari pertigaan Sumur bisa melanjutkan ke arah Taman Jaya, kawasan Taman Nasional Ujung Kulon. Di kampung Cihangasa, tanda jalan masuknya adalah sebuah Mesjid besar disebelah kiri yang letaknya agak menjorok ke dalam. Sebuah jalan kecil bisa dilalui kendaraan mobil, namun harus berhati-hati karena jalannya cukup sempit. Menuju rumah terakhir yang berbatasan dengan pesawahan di kampung Cihangasa.

Setelah memarkir kendaraan di halaman rumah masyarakat setempat, perjalanan dilanjutkan menempuh jalan setapak di pematang sawah. Saat selesai panen, maka hamparan sawah yang kering akan menyambut kita, namun jika musim tanam hingga musim panen berikutnya, jalur menuju curug Cihangasa akan menjadi pemandangan yang indah, asri dan hijau. Saung-saung milik masyarakat yang terdapat sepanjang jalur bisa dimanfaatan untuk sekedar melepas lelah. Menikmati semilir angin dan pemandangan hijau persawahan, kemudian dilanjutkan dengan mengikuti jalan setapak mengarah ke aliran sungai. Ingat jangan lupa membawa minuman dan makanan ringan ya, dan jangan lupa sampahnya dibawa kembali keluar kawasan.









Karakter curug Cihangasa adalah bertingkat-tingkat dengan dinding-dinding tebing, sehingga untuk mencapai air terjun berikutnya bisa ditempuh dengan menggunakan alat bantu atau pengaman ataupun berpegangan pada ceruk di bebatuan. Di setiap tingkat , air terjun jatuh pada kolam yang cukup luas dan dalam dengan kejernihan airnya. Dengan karakter demikian, maka pantaslah Curug Cihangasa menjadi wisata petualangan yang sedikit bisa memacu adrenalin, apalagi setelah nantinya dilengkapi dengan fasilitas untuk memanjati tebingnya.






Memanjati dinding tebing yang terhampar untuk menuju air terjun tingkat berikutnya tentu meupakan tantangan tersendiri, namun tetap perhatikan faktor keamanan dan keselamatan diri. Kesejukan hutan alami yang menjadi bagian dari kawasan Taman Nasional Ujung Kulon bisa dirasakan di sini. Hutan yang adalah merupakan bagian dari zona pemanfaatan ini masih terjaga dengan sangat baik dan menjadi persinggahan dan perlintasan beberapa spesies yang berada di kawasan Taman Nasional salahsatunya  adalah Lutung. Pada saat-saat tertentu kita bisa melihat sekawanan lutung berloncatan dari dahan pohon yang satu kedahan lainnya untuk mencari makan.










Sisi menarik ditempat ini selain air terjun yang indah, dinding yang menantang dan air yang jernih dan sejuk adalah episode penutup perjalanan ke curug ini. Jika kita menyinggahinya sampai petang datang, begitu keluar dari batas hutan dan persawahan, kita akan disambut dengan pemandangan langit sore atau sunset yang indah tepat dihadapan kita. Hamparan sawah yang luas dengan saung-saung, pepohonan disekelilingnya dan langit senja adalah perpaduan yang menarik. Tapi jangan sampai kemalaman yaa :D

Curug Cihangasa juga dilengkapi dengan fasilitas shelter atau tempat beristirahat yang cukup luas, sehingga kita bisa sejenak melepas lelah setelah turun dari curug yang bertingkat-tingkat tersebut. shelter ini adalah sarana untuk kepentingan bersama, karena itu bagi yang berkunjung kemari jangan sampai mengotorinya dengan vandalisme atau coretan-coretan.

Tertarik untuk mengunjungi salah satu destinasi wisata di kawasan Taman Nasional ini? Bisa langsung menghubungi Pokdarwis Sumur yaa, atau langsung ke kampung Cihangasa Desa Kertamukti Sumur dan mengurus izin masuk pada pihak setempat yang mengelola tempat ini bersama Pokdarwis.




Tidak ada komentar: